Home » , , » Pengertian Teknologi Tepat Guna (TTG)

Pengertian Teknologi Tepat Guna (TTG)

Written By Abdurrahman on Minggu, 01 September 2013 | 08.11


Sebelum kita membahas apa itu pengertian teknologi tepat guna (disingkat TTG), ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan teknologi itu sendiri. Teknologi dapat dikatakan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sedangkan teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. Dari tujuan yang dikehendaki, teknologi tepat guna haruslah menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan berdampak polutif minimalis dibandingkan dengan teknologi pada umumnya.

Ada beberapa kriteria agar suatu teknologi dapat dikategorikan sebagai teknologi tepat guna. Antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Teknologi tersebut dapat digunakan oleh sumber-sumber yang tersedia di berbagai tempat.
  2. Teknologi yang diterapkan sesuai dan cocok dengan kondisi sosial ekonomi ang berlaku.
  3. Teknologi yang digunakan bisa memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat.
  4. Masyarakat mampu mempelajari, menerapkan, serta memelihara teknologi tepat guna tersebut.
Istilah teknologi tepat guna sebenarnya mulai muncul menyusul krisis minyak 1973 dan pergerakan lingkungan pada dasawarsa 1970-an. Istilah ini biasanya digunakan di dalam dua wilayah: memanfaatkan teknologi paling efektif untuk menjawab kebutuhan daerah pengembangan, dan memanfaatkan teknologi yang ramah lingkungan dan ramah sosial di negara maju. Secara teknis teknologi tepat guna merupakan jembatan antara teknologi tradisional dan teknologi maju. Oleh karena itu aspek-aspek sosio-kultural dan ekonomi juga merupakan dimensi yang harus diperhitungkan dalam mengelola teknologi tepat guna.
Share this article :

3 komentar:

  1. Thanks For Information
    Kunjungi juga http://bit.ly/2gYXEkh

    BalasHapus
  2. Makasih atas infonya
    Jangan lupa kunjungin web aku https://anantarizkidwikurniawan.wordpress.com/
    dan jangan lupa kunjunin web ini juga ada yang menarik loh www.ppns.ac.id

    BalasHapus

 
Copyright © 2013. Teknologi Tepat Guna - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template